Halaman

Welcome to My Blog ^^

Welcome to My Blog ^^

Sabtu, 21 April 2012

Pulau Komodo: Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Kategori Alam. Apa Keuntungan dan Kerugiannya?


Menurut Prof. Putra Sastrawan, mantan PR III Univ. Udayana sekaligus peneliti komodo sejak tahun 1969, ajakan untuk menjadikan komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia serta imbauan SBY kepada mentri-mentrinya untuk mendukung pulau komodo menjadi salah satu keajaiban dunia adalah salah menurut etika sebab menurut Putra yang dibutuhkan satwa purba itu bukan promosi melainkan konservasi.

Sementara itu di sis lain duta untuk pulau Komodo, mantan wakil presiden H.M. Yusuf Kalla mengatakan dukungan rakyat terhadap pulau komodo bukan semata-mata dimaksudkan untuk mengejar pengakuan dunia melainkan lebih kepada upaya membangkitkan roda perekonomian nasional khususnya di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Silang pendapat sebagaimana ditulis di atas tentu saja menarik perhatian banyak fihak termasuk saya. Betapa tidak, hewan yang bernama latin Varanus Komodoensis ini adalah satu-satunya satwa yang tersisa dari zaman purba. Tak terbayangkan berapa besar dosa yang harus dipikul manakala hewan yang dikenal sebagai hewan ajaib karena dapat berenegerasi dengan cara parthenogenesis,-pembuahan tanpa melalui proses perkawinan, ini punah akibat dari kekeliruan yang kita lakukan saat sekarang. Sebab kalau itu yang terjadi komodo di benak anak cucu kita pastilah hanya sebatas gambar di buku-buku pelajaran. Ini tentu sebuah musibah yang harus dihindari.
Untuk itu mumpung belum terlambat ada baiknya kita menelisik seberapa besar manfaat yang bisa didapat andaikata komodo jadi masuk menjadi new 7 wonders dan apapula kerugiannya. Karena dengan mengetahui manfaat dan kerugiannya kita berharap masyarakat menjadi tercerahkan sehingga bisa menentukan sikap apakah mendukung atau tidak dengan nurani yang objektif. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan apalagi terprovokasi oleh himbauan tokoh-tokoh yang belum tentujelas kebenarannya.
Diantara beberapa alasan umum yang dikemukakan para pendukung pulau komodo menjadi new 7 wonders antara lain : Pertama, bisa menaikkan tingkatpopularitas bangsa Indonesia di mata International. Kedua , menggerakkan roda perekonomian nasional, dan ketiga, menyelamatkan komodo dari kepunahan.
Sementara yang menentang berargumentasi : Pertama ,lembaga new 7 wonders bukan lembaga resmi dibawah naunngan UNESCO sehingga keredibilitasnya diragukan. Kedua, bahwa komodo tidak butuh pengenalan diri karena sudah lama dikenal dunia, persisnya sejak dipublikasikan pada jurnal ilmiah dunia tahun 1912. Alasan ke tiga adalah skala perioritas, dimana mereka berasumsi bahwa penguatanstake holder yang ada di sekitar habitat komodo jauh lebih urgen dibanding sekedar mengejar popularitas karena berdasarkan penelitian populasi komodo sekarang sudah jauh berkurang. Menjadi 3000 ekor pada tahun 2000 dari jumlah semula 5.500 ekor pada rentang waktu 1969 – 1970. Begitu pula dari segi ukuran tubuh. Terjadi penyusutan sekitar 12 meter dari 3,24 m menjadi 3,12 m dalam kurun waktu 31 tahun ( 1969 -2000 ).
Penyebab semua itu ditengarai tidak lain karena berkurangnya suplai makanan di sekitar habitat komodo. Perubahan iklim sebagai akibat ulah manusia seperti pembabatan dan pembakaran hutan. Pembuangan limbah pertambangan serta perburuan rusa liar yang dilakukan secara tidak terkendali.
Dari gambaran di atas sekarang kita tentu bisa memprediksi apa yang akan terjadi manakala Pulau Komodo berhasil masuk menjadi tujuh keajaiban dunia. Yang pasti semua mata dunia akan semakin tertuju kesana. Selain itu arus pariwisata punakan meningkat berlipat-lipat. Jika pemerintah tidak sigap mengantisipasinya dengan regulasi yang ketat dan tegas maka apa yang kita khawatirkan bukan tidak mungkin akan menjadi kenyataan.
Begitu pula dengan konsep tata ruang yang hendak dikembangkan. Sebuah DTW pasti membutuhkan pranata pendukung seperti hotel, resort, dan tempat bersantai lainnya. Kalau salah planning, alih-alih memakmurkan masyarakat di sana, yang ada malah penggusuran dengan dalih untuk kepentingan pariwisata.
Oleh karena itu saya secara pribadi berkesimpulan lebih baik membiarkan komodo-komodo itu hidup alamiah seperti sekarang. Hidup tenang berdampingan dengan masyarakt sekitar yang dengan setia sudah menjaga para Ora – sebutan penduduk untuk komodo, dari kepunahan. Tidak diusik dengan berbagai kepentingan yang sejatinya sedikitpun tidak bersinggungan dengan mereka.
Meskipun demikian andai bangsa ini tetap menginginkan pulau komodo tetap menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia silahkan saja asal rambu-rambu untuk menjaga kelestarian Dragon Komodo ini tetap menjadi skala prioritas utama. Sebab apa yang saya gambarkan bukan berarti sikap berbeda saya merupakan harga mati. Bagi saya yang utama adalah keselamatan populasi Komodo. Masuk atau tidak sepanjang itu bisa menjamin habitat mereka berkembang biak tentu harus kita dukung.
Dan tulisan ini seperti saya sebut di awal hanya bertujuan memberi pencerahanagar semua fihak bisa objektf dalam bersikap. Tidak asal ikut-ikutan. Karena sekali kita salah melangkah efeknya akan dirasakan oleh generasi sesudah kita sampai akhir zaman. Dan sejujurnya, saya tidak mau menjadi salah seorang yang dicatat sejarah sebagai biang kerok penyebab kepunahan Komodo.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar